Kamis, 05 April 2012

Tuntutan Manusia

Manusia Dimuka Bumi ini dituntut untuk menjadi makhluq yang sempurna (Manunggaling Kawula Gusti) menjadi manusia yang illahi dalam arti manusia yang kesadaran roh spiritualnya mumpuni. beradab, toleransi, rendah hati, tidak sombong, welas asih, eling lan waspodo Dll.bukan berarti kita menjadi diriNya yang Maha Esa dan Maha Kuasa namun kita hanya menjadi MakhluqNya yang meniru dan memahami diriNya.

Tak layak dan tak patut Menuhankan manusia yang mencapai Manunggaling Kawula Gusti, karena hakikat kesatuan Tuhan mencakup seluruh alam dan jagat semesta ciptaanNya. Dzat, Af'al, Sifat, Wujud.

Tuhan dalam ilmu Kejawen merupakan Bahasa Kiasan yang mengandung arti dan makna Dzat yang tertinggi yang menguasai seluruh kehidupan dari yang mati sampai yang hidup. dari yang awal sampai yang akhir. Kejawen menyembah dengan cara melakukan tindakan dan ritual dengan Alam lingkungan tidak dengan cara memohon-mohon yang tak jelas. dengan hanya nama yang di minta bantuan.

Tanpa dibicarakanpun Orang-orang jawa sudah paham dan mengerti bahwa Alam semesta dan khidupan ini sudah ada yang mengatur sang Hyang Tunggal, Gusti, God, Tuhan, Allah, dll.. terserah budaya mana menamakan masing-masing tuhannya, karena hakikatnya tuhan yang disembah seluruh umat manusia tu Satu Dzat, Af'al, Sifat dan Wujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar